Sabtu, 14 Juli 2012

Contoh BAB III PTK


BAB III
METODE PENELITIAN
A.      Metode dan Bentuk Penelitian
1.    Metode Penelitian
Penelitian ini terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau keadaan sebagaimana adanya sehingga bersifat sekedar untuk mengungkapkan fakta (fact finding). ................................................................................................................................................
Hadari Nawawi (1998: 63) mengartikan “metode deskriptif sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan /melukiskan keadaan subjek/objek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya”.
Berdasarkan metode penelitian yang telah ditentukan yang memusatkan perhatian pada masalah-masalah aktual pembelajaran yang dihadapi siswa kelas ……………………………………………………….
 2.    Bentuk Penelitian
Bentuk penelitian ini, yaitu penelitian tindakan kelas, atau disebut Classroom Action Research, yang berarti penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu obyek penelitian di kelas tersebut (Trianto, 2001: 13). Menurut Wina Sanjaya (2010: 26) ..............................................................................................
 B.       Subjek Penelitian
Subjek dalam penelitian ini yaitu Seluruh siswa ………………….......
C.      Waktu Penelitian
Waktu Penelitian dilaksanakan pada S...........................................................................
D.      Prosedur Penelitian
Prosedur dalam penelitian ini mengikuti prinsip dasar penelitian tindakan yaitu menggunkan prosedur kerja yang dipandang suatu siklus spiral yang dimulai dari tahap ............................................
Adapun alur penelitian tersebut, yaitu sebagai berikut. 
(Gambar Skema Penelitian Bukan Skema Rancangan)
Berdasarkan skema, penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui proses yang terdiri dari 4 tahap yaitu :
1.         Tahap Perencanaan Tindakan
2.    Tahap Pelaksanaan Tindakan
3.    Tahap Observasi
4.    Tahap Refleksi
E.       Teknik dan Alat Pengumpul Data
1.        Data dan sumber Data
Adapun data yang dijaring dalam penelitian ini berupa data hasil pengamatan yang memuat catatan objektif terhadap keaktifan belajar siswa sekolah .............................................
2.        Teknik Pengumpulan Data
Teknik adalah cara mengumpulkan data yang dilakukan melalui pengamatan dan pencatatan gejala-gejala yang tampak pada objek penelitian yang pelaksanaannnya langsung dilakukan di kelas pada saat proses tindakan dilakukan.
Sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan, ………………………
 3.        Alat Pengumpul Data
Sehubungan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan, maka alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar .......................
 F.       Indikator Keberhasilan
Sebagai sebuah penelitian tindakan kelas perlu adanya indikator. Indikator digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam melaksanakan tindakan dari penelitian. Apabila indikator ................................
 G.      Teknik Analisis Data
Pada penelitian dilakukan juga analisis data karena analisis data merupakan bagian yang penting dalam sebuah penelitian. Hal ini perlu dilakukan karena analisis data yang diperoleh pada penelitian memberi arti penting.
Teknik Analisis data pada penelitian tindakan kelas pada dasarnya dilakukan sejak data diperoleh dari observasi, hingga dokumentasi. Analisis data yang dilakukan sesuai dengan yang dikemukakan oleh Miles dan Hubberman dalam Trianto (2010: 286), ...........................................................
Untuk menganalisis data hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran rumus berikut:
      (Rumus)
(Untuk Lebih jelas dan lengkap hubungi : dekitriadi_pjjktp@yahoo.co.id / 081345308591) (menerima konsultasi penyusunan PTK dan Skripsi khusus jurusan Pendidikan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar