belanja buku online

Toko Buku Online Terlengkap

Sabtu, 14 Juli 2012

PTK Akidah Akhlak

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akan maju. Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3 menyebutkan bahwa: “Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan Nasional”.
…………………………………………………………………………….
Oleh karena itu, manusia merupakan makhluk yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Dan dibalik kemuliaan manusia, ia juga memiliki nafsu yang dapat mengembalikannya ketempat yang hina dan rendah. Itulah hawa nafsu, yang dengannya manusia akan terseret untuk melupakan nilai-nilai kebenaran, mengabaikan apa-apa yang menjadi titah Tuhan, merosotnya kadar akidah, serta masih banyak lagi sifat-sifat negatif lainnya.
…………………………………………………………………………….
Akidah Akhlak sebagai salah satu mata pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasyah Ibtidayah mengandung pengertian: pengetahuan, pemahaman dan penghayatan tentang keyakinan atau kepercayaan (iman) dalam Islam yang menetap dan melekat dalam hati yang berfungsi sebagai pandangan hidup, perkataan dan amal perbuatan siswa dalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Sebagai salah satu bagian dalam bidang pendidikan agama, dalam pembelajaran Akidah Akhlak memerlukan pendekatan perkembangan kognitif, termasuk di dalamnya perkembangan penalaran kritis atau proses keterlibatan akal dari siswa secara aktif sebagai tahapan pertama (kognitif) dan tahapan ketiga (psikomotorik).
……………………………………………………………………………..
Salah satu pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah), khususnya di MIS Al-Hasyimi Tuan-Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang terlihat lemah atau rendahnya aktivitas siswa dalam belajar yang berhubungan dengan aktivitas siswa untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru terutama mata pembelajaran akidah akhlak, indikator rendahnya aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaa dalam pembelajaran Akidah Akhlak, yaitu dalam proses pembelajaran sehari-hari ketika guru telah mencatatkan materi pembelajaran dan menjelaskan materi pembelajaran guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terhadap materi yang kurang dipahami.
..............................................................................................................................................
 Berdasarkan data-data ini maka peneliti terdorong untuk menganalisis lebih jauh tentang: “Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MIS Al-Hasyimi Tuan-Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang”.
B.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas ada beberapa masalah yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa:
1.    ………………………………………………………………………………….
2.    …………………………………………………………………………………..
C.      Pembatasan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka dalam penelitian ini perlu dilakukan pembatasan masalah. Dimaksudkan agar penelitian ini lebih terfokus. Secara ringkas pada penelitian dan pengembangan ini difokuskan pada:
1.    …………………………………………………………………………………..
2.    …………………………………………………………………………………..
3.    …………………………………………………………………………………..
D.      Rumusan Masalah Penelitian
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimanakah Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Melalui Penggunaan Metode Tanya Jawab pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Mis Al-Hasyimi Tuan-Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang?”.
Selanjutnya permasalahan penelitian dijabarkan ke dalam pertanyaan-pertanyaan penelitian, yaitu sebagai berikut:
1.    …………………………………………………………………………………..
2.    …………………………………………………………………………………..
3.    …………………………………………………………………………………..
E.       Tujuan Penelitian
Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V MIS Al-Hasyimi Tuan-Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang pada pembelajaran Akidah Akhlak.
Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk:
1.    …………………………………………………………………………………..
2.    …………………………………………………………………………………..
3.    …………………………………………………………………………………..

(Untuk contoh skripsi lengkap dan utuh hubungi dekitriadi_pjjktp@yahoo.co.id / 081345308591)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar