Kamis, 19 Juli 2012

Prolog

memulai untuk menceritakan perjalanan dari kecil hingga sekarang

Kehidupan bermula di kampung kecil Paret Serekat dusun yang terletak di desa Sengkubang. Terdapat perbedaan tanggal kelahiran. Versi Emak aku dilahirkan 17 Agustus 1977. Kesalahan terjadi ketika aku tamat SDN dikarenakan kesalahan teknis di ijazahku tertulis 23 September 1978. Versi terakhir yang kugunakan sampai sekarang.
Tangisan pertama menurut emak ditandai dengan kejadian alam hujan, petir, dan angin kencang waktu diperkirakan pukul 00.00 WIB. Betapa tidak, setelah kemarau yang berkepanjangan bahkan parit dan kolam kering kerontang sampai retak. Kelahiran ku menurut emak juga sangat sulit dibandingkan dua kakak-kakaku terdahulu. Menurut emak penyebabnya ada tugalan padi yang tanpa sengaja ditancapkan ayah ketika pulang dari ladang. 
Oleh dukun beranak ayah dipaksa dan terpaksa harus mencabut tugal yang tertancap di tanah. Perjalanan ayah ke ladang tak serta mulus. Dikarenakan hujan, petir, dan angin kencang. menurut Emak tak hanya alam yang ganas. Mahkluk-mahkluk halus juga seperti menyambutku dikarenakan selama perjalanan dari rumah ke ladang yang biasa ditempuh 25 pulang pergi terpaksa ditempuh ayah kurang lebih 1 jam. Bahkan beberapa kali ayah salah mengambil jalan padahal jalan tersebut setiap hari dilalui ayah dan emak ke ladang. Sepanjang perjalanan pergi dan pulang dari ladang langkah ayah diikuti oleh kunang-kunang. Bagi masyarakat kami kunang-kunang merupakan kuku orang mati. Tak hanya itu perjalanan ayah juga diiring oleh suara ketawa hantu kuntilanak. 
Suara ketawa hantu kuntilanak ini juga terjadi dirumah. Sehingga menimbulkan kengerian bagi orang-orang yang menunggu dan membantu kelahiran. Bahkan dukun beranak juga mengisyaratkan keanehan bahwa bertahun-tahun membantu persalinan, persalinan diriku yang paling aneh.
(Bersambung)

Sabtu, 14 Juli 2012

Contoh BAB III PTK


BAB III
METODE PENELITIAN
A.      Metode dan Bentuk Penelitian
1.    Metode Penelitian
Penelitian ini terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau keadaan sebagaimana adanya sehingga bersifat sekedar untuk mengungkapkan fakta (fact finding). ................................................................................................................................................
Hadari Nawawi (1998: 63) mengartikan “metode deskriptif sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan /melukiskan keadaan subjek/objek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya”.
Berdasarkan metode penelitian yang telah ditentukan yang memusatkan perhatian pada masalah-masalah aktual pembelajaran yang dihadapi siswa kelas ……………………………………………………….
 2.    Bentuk Penelitian
Bentuk penelitian ini, yaitu penelitian tindakan kelas, atau disebut Classroom Action Research, yang berarti penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu obyek penelitian di kelas tersebut (Trianto, 2001: 13). Menurut Wina Sanjaya (2010: 26) ..............................................................................................
 B.       Subjek Penelitian
Subjek dalam penelitian ini yaitu Seluruh siswa ………………….......
C.      Waktu Penelitian
Waktu Penelitian dilaksanakan pada S...........................................................................
D.      Prosedur Penelitian
Prosedur dalam penelitian ini mengikuti prinsip dasar penelitian tindakan yaitu menggunkan prosedur kerja yang dipandang suatu siklus spiral yang dimulai dari tahap ............................................
Adapun alur penelitian tersebut, yaitu sebagai berikut. 
(Gambar Skema Penelitian Bukan Skema Rancangan)
Berdasarkan skema, penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui proses yang terdiri dari 4 tahap yaitu :
1.         Tahap Perencanaan Tindakan
2.    Tahap Pelaksanaan Tindakan
3.    Tahap Observasi
4.    Tahap Refleksi
E.       Teknik dan Alat Pengumpul Data
1.        Data dan sumber Data
Adapun data yang dijaring dalam penelitian ini berupa data hasil pengamatan yang memuat catatan objektif terhadap keaktifan belajar siswa sekolah .............................................
2.        Teknik Pengumpulan Data
Teknik adalah cara mengumpulkan data yang dilakukan melalui pengamatan dan pencatatan gejala-gejala yang tampak pada objek penelitian yang pelaksanaannnya langsung dilakukan di kelas pada saat proses tindakan dilakukan.
Sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan, ………………………
 3.        Alat Pengumpul Data
Sehubungan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan, maka alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar .......................
 F.       Indikator Keberhasilan
Sebagai sebuah penelitian tindakan kelas perlu adanya indikator. Indikator digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam melaksanakan tindakan dari penelitian. Apabila indikator ................................
 G.      Teknik Analisis Data
Pada penelitian dilakukan juga analisis data karena analisis data merupakan bagian yang penting dalam sebuah penelitian. Hal ini perlu dilakukan karena analisis data yang diperoleh pada penelitian memberi arti penting.
Teknik Analisis data pada penelitian tindakan kelas pada dasarnya dilakukan sejak data diperoleh dari observasi, hingga dokumentasi. Analisis data yang dilakukan sesuai dengan yang dikemukakan oleh Miles dan Hubberman dalam Trianto (2010: 286), ...........................................................
Untuk menganalisis data hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran rumus berikut:
      (Rumus)
(Untuk Lebih jelas dan lengkap hubungi : dekitriadi_pjjktp@yahoo.co.id / 081345308591) (menerima konsultasi penyusunan PTK dan Skripsi khusus jurusan Pendidikan)

PTK Akidah Akhlak

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akan maju. Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3 menyebutkan bahwa: “Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan Nasional”.
…………………………………………………………………………….
Oleh karena itu, manusia merupakan makhluk yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Dan dibalik kemuliaan manusia, ia juga memiliki nafsu yang dapat mengembalikannya ketempat yang hina dan rendah. Itulah hawa nafsu, yang dengannya manusia akan terseret untuk melupakan nilai-nilai kebenaran, mengabaikan apa-apa yang menjadi titah Tuhan, merosotnya kadar akidah, serta masih banyak lagi sifat-sifat negatif lainnya.
…………………………………………………………………………….
Akidah Akhlak sebagai salah satu mata pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasyah Ibtidayah mengandung pengertian: pengetahuan, pemahaman dan penghayatan tentang keyakinan atau kepercayaan (iman) dalam Islam yang menetap dan melekat dalam hati yang berfungsi sebagai pandangan hidup, perkataan dan amal perbuatan siswa dalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Sebagai salah satu bagian dalam bidang pendidikan agama, dalam pembelajaran Akidah Akhlak memerlukan pendekatan perkembangan kognitif, termasuk di dalamnya perkembangan penalaran kritis atau proses keterlibatan akal dari siswa secara aktif sebagai tahapan pertama (kognitif) dan tahapan ketiga (psikomotorik).
……………………………………………………………………………..
Salah satu pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah), khususnya di MIS Al-Hasyimi Tuan-Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang terlihat lemah atau rendahnya aktivitas siswa dalam belajar yang berhubungan dengan aktivitas siswa untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru terutama mata pembelajaran akidah akhlak, indikator rendahnya aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaa dalam pembelajaran Akidah Akhlak, yaitu dalam proses pembelajaran sehari-hari ketika guru telah mencatatkan materi pembelajaran dan menjelaskan materi pembelajaran guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terhadap materi yang kurang dipahami.
..............................................................................................................................................
 Berdasarkan data-data ini maka peneliti terdorong untuk menganalisis lebih jauh tentang: “Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MIS Al-Hasyimi Tuan-Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang”.
B.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas ada beberapa masalah yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa:
1.    ………………………………………………………………………………….
2.    …………………………………………………………………………………..
C.      Pembatasan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka dalam penelitian ini perlu dilakukan pembatasan masalah. Dimaksudkan agar penelitian ini lebih terfokus. Secara ringkas pada penelitian dan pengembangan ini difokuskan pada:
1.    …………………………………………………………………………………..
2.    …………………………………………………………………………………..
3.    …………………………………………………………………………………..
D.      Rumusan Masalah Penelitian
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimanakah Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Melalui Penggunaan Metode Tanya Jawab pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Mis Al-Hasyimi Tuan-Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang?”.
Selanjutnya permasalahan penelitian dijabarkan ke dalam pertanyaan-pertanyaan penelitian, yaitu sebagai berikut:
1.    …………………………………………………………………………………..
2.    …………………………………………………………………………………..
3.    …………………………………………………………………………………..
E.       Tujuan Penelitian
Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V MIS Al-Hasyimi Tuan-Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang pada pembelajaran Akidah Akhlak.
Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk:
1.    …………………………………………………………………………………..
2.    …………………………………………………………………………………..
3.    …………………………………………………………………………………..

(Untuk contoh skripsi lengkap dan utuh hubungi dekitriadi_pjjktp@yahoo.co.id / 081345308591)