BAB
III
PELAKSANAAN
PERBAIKAN
A.
Subyek
Perbaikan
Adapun yang menjadi subjek dalam
penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri .... Marau
Ketapang yang berjumlah 14 orang peserta didik dan guru yang melaksanakan
tindakan pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di Sekolah
Dasar Negeri .... Marau Ketapang, dan waktu penelitian pada Semester 2 (genap),
yaitu pada bulan Februari dan Maret 2014.........
B.
Instrumen
Perbaikan
Instrumen yang digunakan dalam perbaikan ini terdiri dari :
1.
Rencana Perbaikan
Pembelajaran (RPP )
2.
Lembar Pengamatan
3.
Tes Tertulis
C.
Metode
Pengumpulan Data
Data-data yang diperlukan dalam perbaikan ini diperoleh melalui
pengamatan aktivitas guru, aktivitas belajar
peserta didik, dan
hasil belajar peserta didik. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kuantitafif
dan kualitatif dalam bentuk pendekatan deskriptif. Digunakannya metode
kuantitatif dikarenakan data yang dikumpulkan berbentuk angka-angka, sedangkan
kualitatif digunakan dikarenakan angka-angka tersebut dipaparkan dalam bentuk
deskripsi.
D.
Teknik
Analisis Data
Pada perbaikan kemampuan profesional ini menggunakan
teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang yang
bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Untuk menganalisis
tingkat keberhasilan atau presentase keberhasilan peserta didik dalam proses
pembelajaran setiap siklus dengan cara menilai aktivitas guru dan peserta didik
serta tes subyektif.
Analisis data yang
dilakukan sesuai dengan yang dikemukakan oleh Miles dan Hubberman dalam Trianto
(2010: 286), kegiatan analisis terdiri atas 4 alur kegiatan secara bersamaan
yaitu; reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi dan
penyimpulan data. Sehubungan dengan ketiga jenis data yang akan diperoleh, maka analisis data
yang akan dilakukan adalah:
1.
Untuk
menganalisis kemampuan guru dalam merencanakan dan
melaksanakan Pembelajaran berdasarkan skor sebagai berikut:
a) Skor 1= kurang
b) Skor 2 = cukup
c) Skor 3 = baik
d) Skor 4 = baik
sekali
Untuk mengukur rata-rata kemampuan guru digunakan
rumus:..............
Penentuan
rumus ini mengadaptasi dari rumus yang dikemukakan oleh Trianto (2011:62),
yaitu untuk menganalisis data aktivitas yang diamati digunakan teknik
prosentase (%) yakni banyaknya frekuensi tiap aktivitas yang diamati dibagi dengan
seluruh aktivitas dikalikan 100.
E.
Deskripsi
Persiklus
1.
Siklus 1
Langkah-langkah perbaikan pembelajaran pada siklus 1
ini adalah :
a.
Tahap Refleksi Awal
b.
Tahap Perencanaan
c.
Tahap Pelaksanaan
(Untuk lebih lengkap sms ke nomor : 081345308591 atau email ke: dekitriadi@gmail.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar