Rabu, 14 Mei 2014

BAB III PKP UT PGSD



BAB III
PELAKSANAAN PERBAIKAN

A.      Subyek Perbaikan
Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri .... Marau Ketapang yang berjumlah 14 orang peserta didik dan guru yang melaksanakan tindakan pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri .... Marau Ketapang, dan waktu penelitian pada Semester 2 (genap), yaitu pada bulan Februari dan Maret 2014.........

B.       Instrumen Perbaikan
Instrumen yang digunakan dalam perbaikan ini terdiri dari :
1.      Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP )
2.    Lembar Pengamatan
      3.    Tes Tertulis

C.      Metode Pengumpulan Data
Data-data yang diperlukan dalam perbaikan ini diperoleh melalui pengamatan aktivitas guru, aktivitas belajar peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kuantitafif dan kualitatif dalam bentuk pendekatan deskriptif. Digunakannya metode kuantitatif dikarenakan data yang dikumpulkan berbentuk angka-angka, sedangkan kualitatif digunakan dikarenakan angka-angka tersebut dipaparkan dalam bentuk deskripsi.

D.      Teknik Analisis Data
Pada perbaikan kemampuan profesional ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan atau presentase keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran setiap siklus dengan cara menilai aktivitas guru dan peserta didik serta tes subyektif.
Analisis data yang dilakukan sesuai dengan yang dikemukakan oleh Miles dan Hubberman dalam Trianto (2010: 286), kegiatan analisis terdiri atas 4 alur kegiatan secara bersamaan yaitu; reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi dan penyimpulan data. Sehubungan dengan ketiga jenis data yang akan diperoleh, maka analisis data yang akan dilakukan adalah:
1.    Untuk menganalisis kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan Pembelajaran berdasarkan skor sebagai berikut:
a)  Skor 1= kurang
b)  Skor 2 = cukup
c)  Skor 3 = baik
d) Skor 4 = baik sekali
Untuk mengukur rata-rata kemampuan guru digunakan rumus:..............
Penentuan rumus ini mengadaptasi dari rumus yang dikemukakan oleh Trianto (2011:62), yaitu untuk menganalisis data aktivitas yang diamati digunakan teknik prosentase (%) yakni banyaknya frekuensi tiap aktivitas yang diamati dibagi dengan seluruh aktivitas dikalikan 100.

E.       Deskripsi Persiklus
1.    Siklus 1
Langkah-langkah perbaikan pembelajaran pada siklus 1 ini adalah :
a.    Tahap Refleksi Awal
b.    Tahap Perencanaan
c.    Tahap Pelaksanaan
(Untuk lebih lengkap sms ke nomor : 081345308591 atau email ke: dekitriadi@gmail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar