BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subjek, Tempat, Waktu, dan Pihak yang Membantu
1.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 11 Hulu
Sungai. Jumlah siswa yang diteliti ada 21 siswa terdiri 8 siswa perempuan dan 13 siswa
laki-laki.
2.
Tempat
Penelitian
Pelaksanaan penelitian pembelajaran ini dilaksanakan di SDN 11 Hulu Sungai Hulu
Sungai Kec. Hulu Sungai Kab. Ketapang
tahun pelajaran 2017/2018. Pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas V.
3.
Waktu Penelitian
Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Jadwal pelaksanaannya adalah sebagai
berikut :
a.
Selasa, 8 Mei 2018 diadakan siklus
I
b.
Selasa, 15 Mei 2018 diadakan siklus
II
4.
Pihak yang Membantu
a.
Kepala SDN 11 Hulu Sungai
b.
Rekan Sejawat yang mengajar di SDN 11 Hulu Sungai
c.
Supervisor 1 dan Supervisor 2
B.
Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran (Deskripsi Persiklus)
Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan
kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 1 kali pertemuan
(2 jam
pelajaran). Secara operasional tahap-tahap dalam kegiatan penelitian pada
siklus I dan II adalah sebagai berikut :
1.
Perencanaan
a.
Siklus 1
Adapun yang dilakukan pada tahap siklus I adalah:
1) Berdiskusi dengan supervisor 2 tentang rencana pelaksanaan perbaikan pembelajaran (RPP) materi Organisasi
di Sekolah. dengan menggunakan metode tanya jawab dan media gambar.
2) Membuat lembar observasi untuk melihat cara mengajar guru dan partisipasi siswa
selama proses pembelajaran berlangsung dengan
menggunakan metode tanya jawab
dan media gambar.
3) Menyiapkan media/ alat
pembelajaran yang sesuai
dengan skenario pembelajaran berupa gambar-gambar
Organisasi di Sekolah.
4)
mendesain alat evaluasi belajar siklus I untuk mengukur
tingkat keberhasilan dari proses belajar
mengajar sekaligus melihat perkembangan/ peningkatan hasil belajar
siswa tentang Organisasi di Sekolah.
Untuk PKP Lengkap hubungi: 081345308591 (WA)
atau : dekitriadi@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar