Rabu, 30 Mei 2018

contoh PKP BAB III


BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

A.      Subjek, Tempat, Waktu, dan Pihak yang Membantu
1.      Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 11 Hulu Sungai. Jumlah siswa yang diteliti ada 21 siswa terdiri 8 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki.
2.      Tempat Penelitian
Pelaksanaan penelitian pembelajaran ini dilaksanakan di SDN 11 Hulu Sungai Hulu Sungai Kec. Hulu Sungai Kab. Ketapang tahun pelajaran 2017/2018. Pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas V.
3.      Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Jadwal pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
a.       Selasa, 8 Mei 2018 diadakan siklus I
b.      Selasa, 15 Mei 2018 diadakan siklus II
4.      Pihak yang Membantu
a.       Kepala SDN 11 Hulu Sungai
b.      Rekan Sejawat yang mengajar di SDN 11 Hulu Sungai
c.       Supervisor 1 dan Supervisor 2

B.       Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran (Deskripsi Persiklus)
Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran). Secara operasional tahap-tahap dalam kegiatan penelitian pada siklus I dan II adalah sebagai berikut :
1.      Perencanaan
a.    Siklus 1
Adapun yang dilakukan pada tahap siklus I adalah:  
1)   Berdiskusi dengan supervisor 2 tentang rencana pelaksanaan perbaikan pembelajaran (RPP) materi Organisasi di Sekolah. dengan menggunakan metode tanya jawab dan media gambar.
2)   Membuat lembar observasi untuk melihat cara mengajar guru dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode tanya jawab dan media gambar.
3)   Menyiapkan media/ alat pembelajaran yang sesuai dengan skenario pembelajaran berupa gambar-gambar Organisasi di Sekolah.
4)   mendesain alat evaluasi belajar siklus I untuk mengukur tingkat keberhasilan dari proses belajar mengajar sekaligus melihat perkembangan/ peningkatan hasil belajar siswa tentang Organisasi di Sekolah.

Untuk PKP Lengkap hubungi: 081345308591 (WA)
atau : dekitriadi@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar