Minggu, 16 Februari 2014

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014



Jakarta, 15 Februari 2014
Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 segera dibuka esok lusa 17 Februari 2014.
Ada tiga jenis seleksi untuk bersaing memperebutkan 140 ribuan kursi di 63 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Yaitu SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri di masing-masing PTN.
“Kalau dari diknas (Kemdikbud-red), anjurannya prosentase masuknya 50% dari SNMPTN, 30% SBMPTN dan ujian mandiri 20%,” ujar Ketua SNMPTN 2014 Ganjar Kurnia dalam sosialisasi SNMPTN 2014 di Hotel RedTop, Jakarta Barat. Ia mengungkapkan khusus untuk Seleksi Mandiri, setiap kampus memiliki kebijakan masing-masing. “Tahun ini ada universitas baru IAIN Palembang,” tambahnya.
Siswa SMA, SMK dan sederajat yang hendak mendaftar harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). “Siswa menggunakan NISN dan password yang diberi dari sekolah waktu verifikasi data di PDSS. Lalu kemudian login ke halaman snmptn.ac.id,” ucap Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) ini.
PDSS mendata rapor siswa semester 1 hingga 5. Kini, Ujian Nasional (UN) pun turut andil dalam seleksi SNMPTN 2014. Hasil penghitungan kedua nilai tersebut menjadi pertimbangan panitia SNMPTN 2014.

 Setiap kampus, memiliki kebijakan untuk menentukan standar minimal dari hasil olahan kedua nilai tersebut sebagai persyaratan masuk. Bagi pelamar program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan, diwajibkan mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan.
Peserta hanya dapat memilih dua PTN yang diminati. Siswa yang hanya memilih satu PTN, bisa memilih PTN di provinsi mana pun. Namun siswa yang memilih lebih dari satu PTN, salah satu PTN pilihannya harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya atau provinsi terdekat, bila belum terdapat PTN pada provinsi asal.
“Urutan dan program studi menyatakan prioritas pilihan,” jelas Ganjar. Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya dua program studi pada masing-masing PTN. Ia pun menyatakan semua proses SNMPTN, gratis tanpa biaya sepeserpun.
Pendaftaran SNMPTN 2014 ditutup pada 31 Maret 2014. Pendaftaran, tata cara dan aturan dapat diakses secara online di laman snmptn.ac.id. Untuk daerah yang kesulitan mengakses internet, calon peserta dapat mengisi data lewat pos dan ditujukan ke panitia SNMPTN 2014.
(Sumber: www.dikti.go.id)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar